Migrasi Lagi

blog ini sudah dimigrasikan ke alamat baru
http://anbhar.net

Anbhar's Blog

↑ Grab this Headline Animator

Friday, January 26, 2007

Nasi Kuning aka Naskun

Siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini? Klo ada yang gak tau, keterlaluan deh :D. Dengar namanya aja pasti kita sudah bisa membayangkan nasi yang berwarna kuning. Makanan yang biasa disingkat jadi Naskun ini termasuk makanan khas Indonesia. Gak percaya? Coba aja baca di wikipedia. Tumpeng kayaknya termasuk Naskun juga yah?

Naskun boleh dibilang salah satu makanan favoritku bersama teman² di IRC (DALnet). Tapi makannya bukan di DALnet loh, tp di real. Mana bisa makan naskun di DALnet, ntar staffdalnet minta lagi :P. Gara² setiap chatting saya sering BRB (be right back) makan naskun, banyak teman² di DALnet ngasih julukan om naskun (weleh² pake embel² OM lagi). Untungnya gak sampe dikira penjual naskun :D. (ayoo yang sering manggil om naskun angkat tangan :D, pasti dikira mau ditraktir :P~). Di testi FS aja masih ada yang suka manggil OM Naskun.

Nasi Kuning alias Naskun, makanan favoritku

Bagi yang suka wisata kuliner, sangat gampang buat nemuin penjual naskun di Makassar. Apalagi klo malam hari...!!! Dulu waktu masih di Tamalanrea, paling banyak penjual naskun di pintu 2, tp kayaknya sekarang udah digusur. Sekarang yang jadi favoritku yaitu Pa`Baeng-baeng, Ablam, sama Maccini Raya.

Naskun Pa`baeng-baeng. Sy sering beli di sini karna dekat, murah dan enak. Jualannya hanya buka malam hari dan biasanya jam 1 atau 2 malam udah tutup, tapi klo malam minggu biasa lebih cepat tutup karna cepat habis. Lokasinya dekat jembatan. Menunya ada 3 macam, ada naskun ikan, ayam, atau daging. Isinya lumayan komplit, ada sayur, tahu/tempe, telor, ikan/ayam/daging, kerupuk sama sambel. Klo dulu yang ikan masih Rp.2500, ayam Rp.3000, dan daging Rp.3500. Sekarang dah naik jadi Rp.3500(ikan), Rp.4000(ayam/daging). Nah di sini juga pertama kali ketemu muka dengan IcHaL, Iwan- sama erlangga (teman² IRC juga), padahal tiap hari ketemu di DALnet. Mereka bareng Ippank yang memang udah sering ketemu. Akhirnya sy juga ikutan ditraktir :D. Dan biasanya klo bareng teman² di oryza, kadang makan rame² di sini, kadang juga dibungkus dan makan di oryza.

Naskun Ablam. Dulu ini juga termasuk tempat favoritku klo agak bosan dengan naskun Pa`baeng-baeng. Tapi yang ini agak jauhan dari tempat nongkrongku. Biasa ke sini klo naskun baeng-baeng udah tutup. Enak juga tp porsinya agak dikit dibanding Pa`baeng-baeng. Pilihannya cuman 1, ayam tok. Klo dulu harganya Rp.3500, sekarang udah jadi Rp.4000. Nah klo yang ini biar ampe pagi masih tetap buka (kalo masih ada) :D. Di sini juga tersedia songkolo bagadang, sukun (bakara`), ubi dan pisang goreng.

Naskun Maccini. Di sini ada 2 tempat penjual naskun. Yang pertama di sebelah kanan beberapa meter dari Pettarani. Yang kedua gak terlalu jauh sesudah penjual naskun yang pertama dan berada di sebelah kiri. Nah sy lebih suka makan di penjual naskun yang kedua. Pertama kali makan di sini waktu di traktir ama KK Aan (crew oryzanet). Kalo gak salah bulan Ramadhan. Dan waktu Ramadhan sering sahur bareng anak² DALnet di sini. Yang membedakan Naskun di sini dengan naskun yang lainnya yaitu ada sayur kuah (gak tau apa namanya) yang terpisah dari Naskunnya. Jadi klo makan di sana, 1 porsi terdiri dari 1 piring Naskun, gorengan dan kerupuk dan 1 mangkok berisi daging, kuah dan telur. Harganya klo gak salah Rp.4000, sy gak terlalu hapal soalnya tiap ke sana selalu ditraktir sama kk Aan.

Nah, itu 3 tempat favoritku. Sebenarnya masih banyak tempat yang biasa sy tempati makan naskun. Seperti di Jl. Gagak, dekat penjual Coto maros. Trus klo pagi biasanya beli naskun di Lr.2 Emy Saelan yang murah meriah dan cepat habis.

Tadi waktu ke oryza balikin flashdisk yang sy pinjam kemaren, teman² IRC banyak ngumpul di sana, dan kk Aan sama Ippank ngajakin makan naskun lagi. Tapi sy lagi gak enak badan. Dan tengah malam tiba² eko dan ancu yang dari beli naskun singgah ngasihin 1 bungkus naskun. Ihaaaa, kebetulan memang lagi lapar, tiba² dapat kiriman naskun dari crew oryza. Yeaahhh kalian memang teman² terbaikku :D. Diliat dari naskun dan lauknya, sy bisa pastikan klo ini naskun Pa`baeng-baeng... :D..

Ok sy makan dulu yah...!!!

2 Komentar:

y@t said...

masih murah naskun depan pondokanku cess,
sedikitnaskun+sedikitmie+sedikittempe+1/4telurrebus
serba sedikit maklum naskunritus
nasi kuning seribu lima ratus
heheheh

anbhar said...

wah naskun yg ritus persis naskun yg sering sy beli kalo pagi...harganya juga 1500. isinya juga persis. heheh.. sedikit naskun+sedikit mie+sedikit tempe juga+1/4 telur rebus+kerupuk sedikit+sambel juga. tempatnya di emy saelan 2. :D. di mana pondokan ta? nanti tak cobain dech :Dy