Migrasi Lagi

blog ini sudah dimigrasikan ke alamat baru
http://anbhar.net

Anbhar's Blog

↑ Grab this Headline Animator

Friday, March 02, 2007

Sibuk Bersama Virus

Bulan februari telah berlalu, dan sekarang sudah memasuki hari ke 2 bulan maret 2007. Bulan Februari tahun ini banyak kesibukan. Mulai dari angkut barang buat pindah rumah, install ulang beberapa komputer klien dengan linux mandriva, sampai bantu teman ngatasin masalah di komputernya.

Kesibukan 2 minggu terakhir juga membuatku tidak pernah posting. Walaupun kesibukan masih yg itu² juga ditambah teman² yang minta bantuan. Pertengahan minggu lalu dan awal minggu ini setidaknya ada 3 komputer bervirus yang musti dikerjakan + 1 komputer teman yang bermasalah. Alhamdulillah semuanya sudah beres.


Pertama, satu²nya komputer windows di tempatku kena virus. Entah sejak kapan, yang pasti sore hari waktu sy bermain dengan komputer ini, sy mulai curiga. Akhirnya kecurigaan itu terbukti waktu mengcopy data ke flashdisk. Tiba² beberapa file/folder tercopy ke flashdisk sebelum sy mengcopykan apa². File asli yang dalam flashdisk pun dihidden.

Gara² ini pula, Pembantu Dekan I salah satu fakultas di UIN datang dengan agak emosi. Dia agak emosi karna semua data² penting perkuliahan di FD yang dipake anaknya tadi di warnet semuanya hilang. Sementara sy santai aja ngobrol dengan seorang teman yang datang dari Kodam. Sy cuek aja karna yang mengcopykan datanya sebenarnya bukan sy. Sementara teman sy (Rusli) yang kebetulan mengcopykan datanya sy perhatikan agak kahawatir, apalagi dia kuliah dan berada di fakultas yang sama dengan dosen PD I itu.

Melihat Rusli yang kebingungan, sy langsung cek FD tsb dan memang ternyata file di FS tsb tinggal sedikit. Setelah masuk di folder option dan memunculkan file yang terhidden, data² aslinya akhirnya kelihatan. Sy langsung kembali ngobrol dengan teman. Sementara Rusli ngobrol dan membantu dosennya ngecek email. Apalagi Rusli sering berurusan dengan dosen tsb di kampus. Akhirnya waktu PD I itu mau pulang, dia bisa tersenyum dan ngucapin terima kasih :D.

Daripada kejadian ini terulang lagi, lebih baik virusnya sy hilangkan dulu. Cara paling ampuhh yah.. install ulang :D. Apalagi gak ada data penting di C:\. Walaupun sebenarnya menginstal ulang adalah opsi terakhir klo kena virus. Sebenarnya bisa dihilangkan secara manual tp yahh... ribet. Sambil ngobrol, instalnya bisa selesai juga.

Kedua dan Ketiga. Malam minggu lalu, dapat pesan pendek dari adik seorang teman yang tinggal di pondokan yang meminta bantuan karna komputernya kena virus. Ternyata kekhawatiranku terjadi juga. Kekhawatiran itu muncul waktu dia minta pass login admin. Karna selama ini sy cuman ngasih login user (limited account) jadi tidak bisa nginstall dan ngakses ke folder tertentu. Dan itu memang sengaja sy lakukan karna menurutku software/program² yang sudah sy installkan udah cukup dan agar komputernya lebih aman.

Minggu pagi, rencana mau ke pantai bersama edil yang kebetulan nginap di tempatku dibatalkan karna gerimis, tujuan dialihkan ke pondokan, sekalian mengecek komputer yang dimaksud. Ternyata login usernya memang sudah tidak ada, dan selama ini dia pake login admin, jd bebas nginstall apa saja dan bebas ngakses ke folder apa aja. Walaupun sudah ada antivirus, virus tetap bisa masuk klo tidak hati².

Jam sudah menunjukkan jam 8 pagi, sementara virus yang menginveksinya tidak bisa dihapus secara manual. Hampir semua petunjuk (yang saya ingat dari vaksin.com) cara menghilangkan virus secara manual sudah sy coba. Lewat command prompt, lewat safe mode, safe mode with command prompt, semuanya gak berhasil. Apalagi regedit, task manager, msconfig dan folder optionnya sudah didisable oleh virusnya. Kecuali 1 yang belum sy coba, menggunakan software yang kebetulan gak sy bawa. Kami pamit dan janji datang sore/malamnya.

Ternyata malam harinya (malam senin) komputer laen sudah menunggu dan mendesak. Yahh korban virus juga :D. Penting dan mendesak karna isi²nya adalah data² presentasi yang akan dipresentasikan hari selasa. Akhirnya komputer ini sy utamakan. Setelah beberapa kali pindah komputer (karna yang dibawa` cuman hardisknya) windows ke linux trus ke windows lagi, akhirnya virusnya hilang juga secara manual (pake command prompt juga). Ternyata masalah belum selesai juga, windowsnya gak bisa masuk setelah direboot. Akhirnya CPU nya diambil, sementara sy pinjam CD windows di oryzanet buat jaga² siapa tau mau diinstall ulang. Ternyata windowsnya gak apa² setelah hardisknya dipasangkan di CPUnya sendiri. Setelah beres, virusnya hilang, datanya selamat, sy langsung terbaring di depan komputer karna kecapekan. Waktu yg punya komputer mau ngasih uang jasanya, sy nolak karna sy membantunya juga dengan alasan teman. Dia temannya temanku (Edil).

Pagi² sy menghubungi adik teman di pondokan tentang janji yang batal kemarin. Dan sorenya (maghrib) sy datang dan mengambil CPUnya biar bisa dikerja di warnet. Ternyata virus ini lebih ganas dari virus di komputer kemaren. Setiap folder yang terbuka, file asli akan terhidden dan digantikan dengan duplikat virus dengan nama yang sama dengan file asli. Hasilnya, waktu virusnya mau dihapus, lebih 300 virus sy dapat, dan sengaja disisakan 1 buat disimpan :D. Biar aman, virusnya di winzip dan dikasi password. Virusnya sengaja disimpan buat dikirim ke vaksin.com, soalnya waktu discan pake norman, kok gak kedeteksi yah? Tahun lalu waktu ngirim sampel virus yang gak kedeteksi norman, sy dikasi lisensi Norman yang berlaku 1 tahun. Biasanya norman yang didownload gratis cuman berlaku 1 bulan. Tp sampe sekarang lisensi 1 tahun itu belum sy pake.

Virus sudah hilang, ternyata windowsnya ikut error. Mungkin ada yg ikut terhapus? Terlanjur capekk dan rasa malas udah datang, langsung instal ulang aja. Dan selesai sebelum tertidur. Sebelum masuk waktu sholat subuh, sy terbangun dan melanjutkan menginstall software² tambahan. Hanya Office yang belum terinstall karna CD officeku dipinjam teman. CPU sengaja diantar pagi² sekali biar bisa singgah ngambil CD Office dan nginstall di pondokan. Officenya malah error. Untungnya ada 2 CD office yang ikut terbawa. Dan akhirnya selesai juga sebelum yang punya komputer pergi kuliah.

Senang rasanya bisa membantu teman yang dapat kesulitan, walaupun harus berkorban (ciyee). Nah waktu ke pondokan sama Edil, sy diajak ke syukuran temannya yg udah presentasi. Walaupun sy gak kenal sama yg punya komputer itu (yg mau presentasi yg mendesak :D) tp sy diundang khusus, katanya mau ditraktir di MP (Mall Panakkukang) sebagai ucapan terima kasih, apalagi sy gak mau nerima uang jasanya. Hmmm. mendengar kata² mall, sy jadi malas datang. Bukannya alergi, tp sy paling gak suka ke mall :D. Mall Panakkukang.... hmm kayaknya bisa dihitung dengan jari tangan berapa kali sy ke sana sejak mall itu dibuka. Mungkin yang sering cuman MTC sama Mall Ratu Indah. Kembali ke soal traktiran... sore hari waktu sy istirahat, dihari di mana sy akan ditraktir tp sy gak datang, Edil bawa bungkusan putih berisi makanan. Katanya karna sy gak mau ditraktir di sana, akhirnya sy dibungkuskan. he.he.he...

Nah yang terakhir komputer teman cuman gak bisa nyala aja, udah beres beberapa hari yang lalu tp sampe sekarang belum diambil.

ada yang punya komputer bermasalah?? silahkan bawa ke toko tempat anda membelinya :D.

0 Komentar: